7 Rekomendasi Material Lantai Dapur Minimalis

Material lantai dapur minimalis merupakan hal yang penting diperhatikan untuk menjaga kenyamanan dapur. Berhubungan dengan dapur yang menjadi pusat aktivitas keluarga dan tempat peralatan memasak maka tidak heran penentuan jenis material lantai dapur yang digunakan menjadi hal penting.

Oleh karena itu, penataan ruangan dapur untuk ditata dengan nyaman dan aman harus dilakukan. Mulai dari memperhatikan jenis desain dapur, warna ruangan yang akan digunakan, hingga jenis material lantai yang digunakan.

Definisi Lantai

Lantai merupakan suatu area tempat kita berpijak serta memberikan kita kenyamanan ketika kita beraktivitas di dalam rumah atau sebuah bangunan. Lantai rumah biasanya harus rata, juga menjadi tempat untuk bertumpunya beban atau tiang rumah.

Lantai Rumah Dapur, Sumber: Unsplash/@seffen99
Lantai Rumah Dapur, Sumber: Unsplash/@seffen99

Fungsi lantai rumah juga mampu memberikan tampilan kesan yang indah pada sebuah rumah dengan berbagai jenis dan macam material lantai serta pola atau motif yang tersedia, yang kemudian dipadukan dengan warna dinding dan desain rumah.

Material Lantai Dapur Minimalis

Nah, berikut ini beberapa jenis material lantai dapur minimalis rekomendasi kami yang bisa digunakan untuk keperluan lantai dapur anda.

1. Material Keramik

Jenis lantai yang menggunakan keramik sudah sangat umum digunakan di Indonesia. Keunggulan dari material ini yaitu mudah dibersihkan, kuat, dan tahan terhadap air panas. Lantai keramik pun mudah diganti, ketika pecah akibat benturan.

Keramik memiliki banyak ragam motif yang ditawarkan sehingga memudahkan anda jika ingin membuat desain dapur dan ruang makan menjadi lebih kontras dengan lantai dapur anda sesuai dengan yang diinginkan.

Kitchen set Keramik Dengan Material Keramik, Sumber: Pinterest/@agustinnobis
Kitchen set Dengan Material Keramik, Sumber: Pinterest/@agustinnobis

Namun permukaan atas lantai keramik yang keras membuat kaki tidak nyaman dan cepat lelah ketika harus berdiri lama. Penggunaannya bisa diakali dengan melapisi lantai keramik dengan karpet, permadani, atau keset di area-area tempat berdiri. Dan juga Lantai keramik akan terasa sangat dingin di pagi hari dan di musim penghujan.

2. Material Linoleum

Pemasangan Lantai dapur yang menggunakan material linoleum bisa menjadi pilihan buat anda karena memiliki kelebihan yaitu pelapis anti abrasi untuk mencegah penetrasi air yang dapat merusak material. Membuat penggunaan material ini memiliki daya tahan yang awet ketika digunakan.

Penggunaan material jenis ini sangat cocok diterapkan pada kondisi saat ini yang selalu mengedepankan ramah terhadap lingkungan. Nah, material jenis ini merupakan hasil dari sumber daya terbarukan dan bahan ramah lingkungan yang membutuhkan perawatan minimum.

Bahan – bahannya terbuat dari hasil perpaduan biji flax, campuran tepung kayu, kemudian direkatkan pada media berbahan dasar dari kain berserat kuat atau kanvas. Dimana bahan ini paling aman dan ramah lingkungan sehingga cocok digunakan untuk lantai dapur.

3. Material Beton

Penggunaan material jenis ini memiliki ketahanan yang baik dan perawatannya yang relatif mudah. Penggunaan material jenis ini sangat simpel dan murah sehingga cocok buat anda yang ingin memperbaiki lantai dapur namun dengan budget yang minim.

Karena sifat lantai yang sangat keras, sehingga akan menimbulkan rasa kurang nyaman khususnya untuk orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, Anda juga bisa menggunakan jasa waterproofing untuk melakukan pelapisan permukaan beton sehingga lantainya semakin halus dan tidak mudah berjamur.

4. Material Kayu

Penggunaan bahan dasar kayu pada lantai dapur merupakan suatu hal yang unik, karena selain penanganan yang sedikit sulit dan juga jenis bahan dasar kayu saat ini sudah jarang digunakan, sebab biayanya yang mahal dan bahannya yang susah didapatkan.

Lantai Dapur dari Material Kayu, Sumber: Unsplash/@beazy
Lantai Dapur dari Material Kayu, Sumber: Unsplash/@beazy

Tetapi dengan menggunakan jenis bahan ini pada lantai dapur, bisa memberikan kesan suasana sempurna pada dapur dari segi looknya. Bisa memberikan sebuah nuansa beda sekaligus memberikan kenyamanan pada dapur anda yang disebabkan oleh tampilan warna dan serat jenis kayu yang ada pada masing-masing kayu.

5. Material Laminasi

Bagi anda yang menginginkan suasana dapur bernuansa seperti menggunakan bahan dari jenis kayu bisa menggunakan bahan kayu laminasi ini. Bisa memberikan tampilan menarik dengan motif kayu tetapi dengan budget yang lebih murah.

Keunggulan dari bahan ini yaitu lebih mudah dipasang, tahan terhadap tumpahan cairan, dan bahkan goresan. Keunggulan tersebut menjadikannya salah satu material terbaik. Bisa dijadikan bahan material recommend ketika diterapkan pada lantai dapur anda. Namun menggunakan bahan jenis ini tidak cocok untuk area yang basah.

6. Material Batu Alam

Ketahanan material jenis ini tidak diragukan lagi. Penggunaan pada lantai dapur menggunakan jenis material ini merupakan pilihan yang tepat. Keunggulan material jenis ini bukan hanya dari segi daya tahannya tetapi juga dari segi tampilan beragam motif yang menarik.

Pilihan corak dan motif pada jenis material batu alam ini seperti batu granit, gamping travertine, dan marmer yang kemudian diterapkan pada lantai dapur, pastinya akan membuat tampilan lantai dapur anda menjadi lebih indah

Dengan Kelebihan – kelebihan tersebut bisa juga menggunakan material jenis ini pada lantai dapur anda karena alasan lain misal dengan membuat tema pada dapur menyatukan dapur dan taman. Yang jelas apapun motivasinya dengan adanya beragam pola atau motif yang ditawarkan bisa membuat anda mengekspresikan sesuai yang diinginkan pada lantai dapur.

7. Material Ubin

Ubin memiliki kemiripan dengan keramik karena cara pembuatan material ubin ini tidak terlalu jauh berbeda dengan keramik yaitu menggunakan tanah liat putih, hanya saja ubin memiliki tekstur yang lebih halus.

Kelebihan material ini ketika digunakan pada lantai dapur anda yaitu tahan lama dan mudah dibersihkan. Ubin memiliki beragam corak dan motif yang variatif, yang pastinya sangat indah ketika digunakan pada lantai dapur.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis – jenis material yang bisa dijadikan pilihan buat anda yang ingin membuat atau memperbaiki lantai dapur anda. Serta menjadikan suasana dapur anda lebih terlihat indah dan nyaman. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda, terutama anda yang sedang mencari material untuk lantai dapur.

Leave a Comment

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu?